TRUST THE TRAINER?

  • kaniranacoaching
  • Sep 20, 2023

Desain Training adalah Rencana. Kenyataan lapangan tak selalu se-ideal itu, meski sudah memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan terjadi.

Saat mem-briefing Trainer terkait Desain Training, saya sering berkata, “Desain ini rencana, jika Anda merasa ada yang perlu dirubah di lapangan, silahkan lakukan”.

Namun itu bisa dilakukan saat saya Trust dengan sang Trainer.

Apa syarat hadirnya Trust itu?

Di buku WHY TRAINING FAILS? AND WHAT TO DO ABOUT IT, saya menulis salah satu faktor penyebab gagalnya Training adalah: “Training terlalu fokus pada dirinya, bukan pada pertumbuhan Trainee”.

Terkadang ada Trainer yang fokusnya “Gimana biar saya terlihat pintar”. Ia hanya memikirkan dirinya. Trainer seperti ini, takkan saya percaya untuk mengambil keputusan sendiri, karena keputusannya bakal diarahkan untuk mengangkat dirinya.

Sebaliknya, saya Trust pada Trainer yang fokus pada pertumbuhan peserta. Apapun perubahan yang ia putuskan terkait isi Training, fokusnya pasti untuk pertumbuhan peserta.

Maka, meski saya sudah membuat Desain Training, jika Trainernya senantiasa fokus pada peserta, saya bisa dengan tenang mengatakan, “Anda lebih tahu apa yang perlu dilakukan di lapangan”.

Ditulis oleh:
Surya Kresnanda
@suryakresnanda
0811 2244 111