SUDAH SAYA COBA,TAPI NGGAK BISA

  • kaniranacoaching
  • Mar 03, 2023

“Sudah saya coba, tapi nggak bisa”
Temen-temen Leader pernah dengar jawaban di atas?

Jawaban itu seakan menunjukkan usaha keras, namun aslinya mengkhawatirkan.

Gini ilustrasinya…
Seorang Pemimpin melihat contoh desain yang bagus, lalu meminta tim desainnya untuk membuat seperti itu.

Ada satu bagian pencampuran warna yang agak rumit, sehingga timnya melapor…
“Bagian ini sudah saya coba, tapi nggak bisa” Sambil menyerahkan desain yang tidak benar-benar sesuai, karena satu bagian rumit tadi belum beres.

Kenyataannya, bisa kan? Buktinya ada yang bisa melakukan (pada contoh yang diperlihatkan Sang Pemimpin pada tim desain). Masalahnya adalah, tim desainnya belum tahu caranya atau belum terlatih melakukannya.

Lalu apa makna dari, “Sudah saya coba, tapi tidak bisa” Di atas? Makna paling masuk akal adalah, “Saya sudah coba dengan kemampuan saya hari ini (entah mencoba berapa kali), dan tidak berhasil.”

Kalimat itu juga menandakan salah satu dari ketiga kalimat di bawah ini:
– Saya belum maksimal dalam mencari cara-cara yang BELUM saya ketahui.
– Saya hanya mengandalkan kemampuan hari ini, enggan belajar hal baru.
– Buat saya, arahan tersebut tidak penting sehingga tak perlu effort besar bagi saya untuk belajar hal baru atau mencari tahu caranya.

Di era sekarang, kreativitas lebih penting dari pada sekedar pengetahuan. Dan salah satu kunci dari kreativitas adalah adanya Mental Ngulik, sebuah dorongan kemauan untuk terus mencari cara baru, jalan baru, ide baru, untuk bisa memecahkan masalah dan menyelesaikan sesuatu.

Bagi orang-orang dengan Mental Ngulik, kalo belum bisa, ya cari sampe bisa. Pasti ada caranya, apalagi kalo sudah ada contoh buktinya.

Bagi orang-orang yang males ngulik, ya yang penting nyoba. Asal sudah berusaha, sudah bagus kan? Gak peduli apa hasilnya.

Lain waktu temen-temen Leader mendengar jawaban, “Sudah saya coba, tapi nggak bisa” atau semacamnya, jangan buru bangga bahwa tim kita sudah berusaha. Jangan-jangan emang belum maksimal belajar dan Nguliknya.

Tantang Dia…

Ditulis oleh:

Surya Kresnanda
@suryakresnanda
0811 2244 111

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *