3 Hal Pentingnya Meningkatkan Self Leadership

  • kanirana
  • Sep 08, 2021
Pentingnya Meningkatkan Self Leadership
Table Of Content [ Close ]

Ada kata-kata bijak “Kalau mau bisa memimpin tim yang besar, menjadikan tim hebat maka mulailah dari memimpin diri sendiri.” Bisa jadi Anda dan pemimpin-pemimpin yang lain pasti sudah banyak yang pernah mendengar kata-kata tersebut. Benar bukan?

 

Iya, kata-kata di atas memang sangat benar. Karena memang sudah sangat banyak pemimpin gagal memimpin timnya bermula karena pemimpin gagal memimpin dirinya sendiri. Bisa jadi karena ia tidak pernah belajar cara meningkatkan self leadership. Karena pemimpinnya masih perlu banyak menyelesaikan masalahnya sendiri. Disinilah kondisi dimana pemimpin self leadershipnya masih rendah.

 

Apa dampaknya saat self leadership seorang pemimpin rendah?

  1. Mau memimpin timnya, merasa dirinya tidak pantas.

Hadir atau tidaknya pemimpin menjadi tidak ada bedanya untuk anggota tim. Seorang pemimpin yang seharusnya hadir memotivasi, menyemangati, mengarahkan, menggerakkan, mengajari dan melatih timnya tapi tim tidak merasakan itu semua dari pemimpinnya.

 

  1. Mau mengajari timnya, tapi pemimpinnya tidak mau belajar.

Mengajari dan melatih tim memang bisa diserahkan ke pihak lain. Misalnya untuk belajar tim bisa diminta membaca buku atau mengikuti seminar. Untuk memberikan pelatihan bisa dengan mendatangkan trainer. Tapi, ketika tim melihat pemimpinnya tidak pernah belajar, tim pun akan ogah-ogahan untuk belajar.

 

  1. Mendorong timnya untuk berubah, tapi pemimpinnya masih tidak mau meninggalkan zona nyaman.

Di era digitial ini misalnya, ketika pimpinan tidak melek digital akan berbeda dengan pimpinan yang mereka sudah melek digital dalam hal mendorong timnya ke arah transformasi digital. Yang pemimpinnya sudah melek digital, timnya pun akan dengan cepat bergerak menuju melek digital.

 

Iya, seorang pemimpin, mau tidak mau dan pasti akan menjadi contoh bagi timnya. Disini menjadi penting untuk seorang pemimpin meningkatkan self leadership. 

 

Terdapat empat aspek penting dalam self leadership yang perlu tiap orang kuasai, yakni self awareness, self management, other awareness, dan other management. Self awareness merupakan kemampuan untuk mengakui, memahami, dan menyadari nilai, perspektif, kekuatan, kelemahan, kecenderungan kepemimpinan, dan kebutuhan emosional diri sendiri.

 

Apa itu self management, other awareness, dan other management? Kita bahas di lain kesempatan ya. Yang pasti setiap pemimpin harus belajar memimpin mulai dari memimpin diri sendiri.

Pentingnya Meningkatkan Self Leadership
Pentingnya Meningkatkan Self Leadership

 

KANIRANA COACHING

Your Leadership Partner

 

Follow Us :

Instagram : @kanirana.coaching

Facebook : Kanirana Coaching

Linkedin : Kanirana Coaching

 

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *