MENGAJAR, MELATIH, & MEMAHAMI MANUSIA

  • kaniranacoaching
  • Sep 11, 2023

Jika kita memahami aktivitas Training sekedar tentang punya modul dan menyampaikan isi materinya, maka kita sedang salah besar.

Bagi profesi yang berkaitan dengan mengajar dan melatih orang, ‘memahami manusia’ merupakan faktor terpenting. Memahami dinamika manusia dalam belajar dan bertumbuh, membantu kita menentukan alur & metode pembelajaran secara tepat.

Sebut saja dalam Training Public Speaking. Agar seru, ditetapkan banyak porsi permainan. Tak disadarinya bahwa Public Speaking adalah Skill Teknis. Orang yang ingin menguasainya perlu menyelam langsung dalam aktivitas praktek berbicara, bukan melakukan permainan dan mengambil insight.

Atau agar terlihat ber-value tinggi, Semua materi yang terkait topik, dimasukkan dalam modul. Dirinya belum paham bahwa itu dapat menimbulkan Cognitive Overload. Bukannya merasa dapat bonus, peserta malah sulit mendapatkan fokus.

‘Memahami manusia’ itu krusial dalam memfasilitasi pembelajaran. Tanpa memahami manusia, segala maksud baik berpotensi berbuah blunder, dan tak mengantar pada dampak yang diharapkan.

Ditulis oleh:
Surya Kresnanda
@suryakresnanda
0811 2244 111

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *