MELATIH PEMIMPIN BICARA DI DEPAN UMUM

  • kaniranacoaching
  • Jan 18, 2023

Kepemimpinan adalah pengaruh, begitulah kata Maxwell yang diamini banyak pakar kepemimpinan lain. Salah satu momen dimana Pemimpin membuktikan pengaruhnya adalah, kala ia diberi kesempatan bicara di depan umum.

Sejak 2010, saya dipercaya sebagai salah satu pelatih di Ganesha Public Speaking, menemukan betapa ‘Bicara di depan umum’ masih menjadi momok bagi para Pemimpin, di level dan tantangannya masing-masing.

Ada yang masih nggak pede dengan dirinya, padahal sudah punya jabatan.

Ada yang sudah percaya diri, tapi menyadari bahwa omongannya sering tidak dipahami Tim, meski sudah ngomong berbusa-busa.

Ada lagi yang merasa Timnya ya ya aja setiap dia memberi arahan dirapat, tapi nggak bener-bener dikerjakan. Ia merasakan penolakan.

Ada sebagian kasus, Pemimpin nggak siap saat harus sering-sering memberi sambutan. “Saya harus ngomong apa… nggak ngerti!”, padahal sambutan adalah kesempatan besar seorang Pemimpin menginspirasi banyak orang.

Belum lagi morning briefing, dimana banyak dikeluhkan sekedar menjadi formalitas berisi pengarahan – pengarahan yang, “Ah gitu doang saya juga udah paham!”

Ini masih belum terhitung kebutuhan bicara di depan umum pada dunia politik. Banyak politisi ber-ide besar tapi bingung bagaimana mengkomunikasikannya ke orang banyak, minimal kepada para relawannya, misal.

Memang betul, bicara keren tapi isinya kosong, itu tong kosong nyaring bunyinya. Tapi Pemimpin dengan niat baik dan kualitas pikiran hebat tanpa kemampuan bicara, itu ibarat emas terkubur di dasar bumi. Gak ada yang tahu, apalagi mendapat manfaat darinya.

Karenanya, Bicara Di Depan Umum menjadi salah satu kemampuan dasar seorang Pemimpin, bagian dari satu rumpun besar Kemampuan Komunikasi.

Dengan kemampuan Bicara Di Depan Umum, Hitler bisa menghancurkan Eropa dan memicu Perang Dunia II, Martin Luther King Jr. mampu menggerakkan perjuangan kaum minoritas Amerika, Bung Tomo membakar semangat Arek Suroboyo mempertahankan kemerdekaan, dan rekan-rekan pembaca bisa menjadi salah satu sosok inspiratif yang memberi perubahan positif, minimal di lingkungan sekitar.

Ditulis Oleh :

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *