HUKUM PROSES TAK BOLEH DILANGKAHI

  • kaniranacoaching
  • Feb 07, 2023

Kantor kami kedatangan sahabat dari jauh yang udah lama gak ketemu,

Ketemu beliau terakhir ya sebelum pandemi, tepatnya dua minggu sebelum indonesia resmi ‘lockdown’ saat itu.

Obrolan malam sambil ngopi, masuk pada diskusi filosofi, tentang apa yang kita sebut ‘Hukum Proses’.

Hukum Proses bisa dikatakan sangat fundamental dalam menjalankan bisnis apapun.

Hukum Proses adalah tentang bagaimana sebuah bisnis perlu di-manage dengan manajemen yang benar, melalui perhitungan-perhitungan rinci, dan pengendalian mutu serta proses secara teliti.

Bisnis yang baik, bukan bisnis paling populer, bahkan bukan sekedar karena valuasinya tinggi saat ini, melainkan bisnis yang sistem dalam manajemennya berjalan dengan benar, Hal tersebut diwujudkan dengan membangun budaya kokoh, mencetak sumber daya manusia unggul, dimana di dalamnya dibangun leader-leader hebat serta sistem yang kuat.

Bisnis yang baik, bukan sekedar diukur dari kecepatannya bertumbuh. Percuma jika sebuah pohon bertambah tinggi, tanpa ditunjang akar kuat. Bahkan ibarat membangun gedung, pondasi perlu dikuatkan bermeter-meter dibawah tanah, sebelum mulai membangun hal-hal terlihat seperti tembok, pilar, pintu, atap. Tanpa pondasi terlebih dahulu, segala tembok dan atap nan indah hanya berumur pendek sebelum rubuh diterpa badai.

Artinya, membangun bisnis itu butuh bersabar dengan segala step-by-step prosesnya. Lakukan dan selesaikan dengan benar di tahap demi tahapan, sembari terus melakukan lebih baik dari sebelumnya (improvement) secara berkala (continuous improvement).

Hukum proses tak boleh dilawan, kecuali memang sejak awal berniat membangun hal besar secara Sustain.

Ditulis Oleh :

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *